alam memberikan segala kebaikan bagi kita semua

alam memberikan segala kebaikan bagi kita semua

Minggu, 17 Juni 2012

Penderita Obesitas Harus Olahraga 6 Kali Sepekan

Minggu, 17 Juni 2012 03:31 wib
Gustia Martha Putri - Okezone
detail berita
Penderita obesitas perbanyak olahraga (Foto: Corbis)
MENJAGA berat badan agar selalu ideal merupakan hal yang wajib dilakukan guna terhindar dari berbagai penyakit. Pasalnya, obesitas atau memiliki berat badan berlebih memicu timbulnya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke, hipertensi, serta diabetes.
Kunci keberhasilan program penurunan berat badan bagi yang menderita obesitas ialah kesabaran dan keuletan, karena dibutuhkan pengaturan pola makan dan jadwal berolahraga yang baik.

"Dalam sepekan, baiknya berat badan turun tidak terlalu banyak. Paling banyak yang baik hanya satu kilogram saja. Umumnya, setengah hingga satu kilogram," tutur Dr. Hario Tilarso, SpKO, saat ditemui Okezone di RS. Premier Bintaro, Tangerang, belum lama ini.

Selain penurunan berat yang tidak terlalu banyak, olahraga pun harus memiliki intensitas lebih tinggi dibandingkan orang yang telah memiliki berat badan ideal.

"Jika orang normal, olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran ialah tiga hingga lima hari dalam sepekan dengan durasi per hari 20 hingga 60 menit. Tetapi bagi yang obesitas, perlu ditingkatkan menjadi enam hari dalam sepekan dengan durasi yang ditambahkan. Minimal 1,5 jam," kata spesialis kesehatan olahraga dari yang berpraktik di RS. Premier Bintaro ini.

Sebelum berolahraga, penderita obesitas pun tetap harus sarapan terlebih dahulu guna mendapat energi.

"Tetap makan saja seperti biasa. Yang ringan seperti roti selai satu atau setengah jam sebelum olahraga. Setelah berolahraga, minum air garam untuk mendapatkan ion yang telah hilang atau minuman-minuman pengganti ion yang telah diperjualbelikan di pasaran. Minuman tersebut memang berguna untuk segera dapat menggantikan ion tubuh yang hilang seusai berolahraga," tutupnya. (ina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar