alam memberikan segala kebaikan bagi kita semua

alam memberikan segala kebaikan bagi kita semua

Senin, 14 Mei 2012

Tidur Telentang Sesak Karena Asam Lambung Tinggi

Tidur Telentang Sesak Karena Asam Lambung Tinggi

img
(Foto: Thinkstock)
Dokter, saya mempunyai sakit asam lambung yang sudah cukup lama dan mengapa untuk tidur terlentang rasanya sesak? Kemudian akhir-akhir ini perut saya bagian kanan bawah tulang rusuk terasa nyeri, sudah diberi paracetamol oleh dokter dan berkurang, namun masih terasa tidak enak, terutama saat ada perubahan posisi dari bangun tidur kemudian duduk. Apakah sakit perut saya tersebut ada kaitannya dengan lambung, atau ada indikasi penyakit lain, kira-kira untuk detailnya harus melakukan pemeriksaan apa? Terimakasih

Rani (Perempuan Lajang, 27 Tahun), raniXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 158 Cm, Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Seperti jawaban saya beberapa waktu sebelumnya, nyeri ulu hati mempunyai penyebab yang sangat banyak dan belum tentu akibat sakit maag atau gastritis. Karenanya, bila sakit tidak juga hilang setelah diberikan pengobatan maag, sebaiknya mintakan pemeriksaan tambahan seperti USG perut untuk melihat ada tidaknya batu empedu yang sering memberikan keluhan seperti sakit maag.

Melihat keluhan Anda, yaitu saat tidur terasa sesak dan sakit di bawah tulang rusuk kanan, sangat mendukung kemungkinan adanya kelainan pada liver atau saluran empedu dan paling sering adalah batu kantong empedu baik dengan ataupun tanpa radang atau infeksi.

Untuk itu mintakan pemeriksaan USG abdomen dengan sentrasi pada evaluasi liver kantong dan saluran empedu. Semoga saja masalah yang Anda rasakan akan terpecahkan.

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH-PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

(ver/ir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar